Pengembangan Buku Saku Literasi Numerasi Konteks Budaya Bangka Belitung untuk Siswa SD Kelas Tinggi

Authors

  • Hevitria universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Eka Rachma Kurniasi Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhamamdiyah Bangka Belitung
  • Indri Safitri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhamamdiyah Bangka Belitung
  • Meilidya Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhamamdiyah Bangka Belitung
  • Wulandari Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhamamdiyah Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.20072

Keywords:

Learning Media, Digital Comics, Numerical Literacy, Statistics

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku saku literasi numerasi konteks budaya bangka belitung untuk siswa SD Kelas tinggi yang valid dan praktis. Latar belakangnya  masih belum tersedianya buku saku literasi numerasi untuk siswa SD kelas tinggi dengan konteks Bangka Belitung. Kemudian literasi numerasi belum menjadi fokus dalam pembelajaran matematika di SD kelas tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian adalah siswa dari SDN 10 Kota Pangkalpinang. Subjek untuk uji skala kecil diambil 6 siswa sedangkan skala besar diambil 60 siswa. Instrumen untuk mengumpulkan data yaitu lembar validasi ahli, lembar observasi, lembar wawancara, angket respon siswa dan guru. Berdasarkan pada hasil validasi ahli 83,8% dari ahli materi dan 81,3% dari ahli media dengan kategori “sangat valid” sedangkan dalam ahli Bahasa mencapai 92,7%. Pada hasil uji coba kelompok kecil memperoleh hasil presentase 83,9% dengan kategori “sangat praktis”.  data perhitungan dari data siswa memperoleh hasil bahwa pengembangan buku saku literasi numerasi dengan persentase 91,2% dengan kategori “Sangat praktis” untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Persentase uji skala besar menunjukkan hasil 83,9%  dengan kategori sangat praktis. Adapun uji respon guru memperoleh presentase sebesar 91% dengan kategori sangat praktis.

References

Depdiknas (2003) ‘Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003’. Diunduh dari

https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-

content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf pada 22 Juli 2019.

Faridah, N.R., Afifah, E.N. and Lailiyah, S. (2022) ‘Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Nadia Risya Faridah 1, Eka Nur Afifah 2 , Siti Lailiyah 3’, JURNAL BASICEDU, 6(1), pp. 709–716.

Hapizah, H. et al. (2022) ‘Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Implementasi Blended Learning Materi Program Linear Kelas XI’, JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 6(3), pp. 417–430. Available at: http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/6137%0Ahttps://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/viewFile/6137/3064.

Insaf, R.I. (2023) ‘Pengembangan Medıa Buku Saku Untuk Menıngkatkan Ketrampılan Lıterası Numerası Pada Materı Lıngkaran Kelas Vı Sdn Pandanrejo 01 Kota Batu Tahun 2022/2023’, Jurnal Pendidikan Taman Widiya Humaniora (JPTWH), 2(2), pp. 1–23.

Istiqomah, Dina; Vebrianto, D. (2021) ‘Pengembangan Buku Saku Berbasıs Lıterası Saıns Untuk Menıngkatkan Kemampuan Berfıkır Krıtıs Sıswa Dalam Pembelajaran Ipa Dı Madrasah’, Anterior jurnal, 20(3), pp. 97–101.

Kemendikbud (2017) ‘Materi Pendukung Literasi Numerasi’, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 8(9), pp. 1–58.

Maulida, M., Wati, M. and An’nur, S. (2015) ‘Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013’, Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), p. 11. Available at: https://doi.org/10.20527/bipf.v3i1.760.

Maulidina, A.P. (2019) ‘Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika’, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), pp. 61–66. Available at: https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408.

Munahefi, D.N., Lestari, F.D. and Kharisudin, I. (2023) ‘Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek’, 6, pp. 663–669.

Pardede, S.D. et al. (2022) ‘Analisis Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 2 terhadap Peningkatan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar Akreditasi C’, 5(November), pp. 4864–4868.

Pratiwi, S.N., Cari, C. and Aminah, N.S. (2019) ‘Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa’, Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) Volume 9 Nomor 1 2019, 9, pp. 34–42.

Priyani, N.E. (2022) ‘Pengembangan Literasi Numerasi Berbantuan Aplikasi Etnomatematik Puzzle Game pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Perbatasan’, Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), pp. 267–280. Available at: https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.536.

Putra, Y.Y. and Vebrian, R. (2019) ‘Desain Pembelajaran Pmri Materi Operasi Hitung Bilangan Menggunakan Konteks Keretak Getas’, Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), pp. 1–14. Available at: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/349.

Rasdiyanti, Y. et al. (2023) ‘Profil Kemampuan Literasi Numerasi , Digital dan Budaya Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri Riominsi’, 9(1), pp. 557–564. Available at: https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4699/http.

Ratnasari, T., Faturohman, N. and Mulyati, R. (2022) ‘Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 6(1), pp. 15–24.

Sulistiani, E. and Masrukan (2016) ‘Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA’, Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, pp. 605–612.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Hevitria, Rachma Kurniasi, E., Safitri, I., Meilidya, & Wulandari. (2023). Pengembangan Buku Saku Literasi Numerasi Konteks Budaya Bangka Belitung untuk Siswa SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 9(2), 172–186. https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.20072