Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Berdasarkan Self Efficacy Siswa

Authors

  • Gisni Anjarrani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Meyta Dwi Kurniasih Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.20092

Keywords:

Kesulitan Belajar, Literasi Matematika, Self Efficacy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin meneliti kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam memecahkan masalah matematika khususnya yang bersangkutan dengan literasi matematika sesuai dengan self efficacy yang dimiliki siswa. Metodologi penelitian ini memakai pendekatan kualitatif deksriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT At-Taufiq Depok dan subjek yang diteliti merupakan siswa kelas VIII tahun ajaran 2022/2023. Instrumen seperti angket, tes, dan pedoman wawancara digunakan pada penelitian ini. Dengan adanya angket, self efficacy siswa dapat dikategorikan berdasarkan tinggi, sedang, dan rendah. Terdapat lima soal uraian tes literasi matematika dengan pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Sementara itu, pedoman wawancara dilakukan guna untuk memperkuat pendeksripsian terkait kesulitan siswa saat menyelesaikan soal yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kategori self efficacy tinggi dan sedang mampu menyelesaikan soal menggunakan proses literasi matematika. Sedangkan, siswa kategori self efficacy rendah kesulitan pada indikator kedua yakni menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran.

References

Aledya, V. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA. ResearchGate, 2(May), 0–7.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. Jurnal Buana Pengabdian, 8(5), 55.

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659

Andri, Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung II. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231–241. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.869

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v2i7.377

Hasan, M. M., Imafatul, D., & Aziizah, B. R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika. Prosiding Makalah Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 33–56. http://ftik.uinsatu.ac.id/tmt/wp-content/uploads/Prosiding-SEMNASDIKTA-V-2019.pdf#page=41

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Islamiyah, A. C., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 66–76. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10035

Kafifah, A., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2018). Pelevelan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship. Kadikma, 9(3), 75–84. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/10918

Lestari, I. S., Zaenuri, Z., & Mulyono, M. (2022). Literasi Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy Dengan Menggunakan Problem Solving Learning Model Dengan Strategi Scaffolding. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(1), 27–35. https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17091

Munir Yusuf. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. In D. Ilham (Ed.), Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Nurcamelia, N., & Budiman, I. (2022). Analisis Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMPI DARUL MU’MININ. Seminar Nasional Matematika …, 821–827. https://conference.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/Sesiomadika2021/paper/view/428

Purwanti, A. F., Mutrofin, & Alfarisi, R. (2021). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(2), 131–142.

Ramiartiah, & Hidayati, N. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika pada Materi Segiempat. Prosiding Sesiomadika, 99–105. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2309

Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (Pisa). JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 1–13. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8237

Rizki, M. (2018). Profil Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika Oleh Siswa Kelompok Dasar. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 18(November), 271–286.

Simalango, M. M., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2018). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAl PISA TAHUN 2012 LEVEL 4, 5, DAN 6 DI SMP N 1 INDRALAYA. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 43–58. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.2143.

Syamsuadi, A., Darmadi, M. F., & Dassa, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Berorientasi PISA Dengan Konten Change And Relationship Pada Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 158–165. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/816/229

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Gisni Anjarrani, & Meyta Dwi Kurniasih. (2023). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 9(2), 132–142. https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.20092