Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Berdasarkan Self Efficacy Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.20092Keywords:
Kesulitan Belajar, Literasi Matematika, Self EfficacyAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin meneliti kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam memecahkan masalah matematika khususnya yang bersangkutan dengan literasi matematika sesuai dengan self efficacy yang dimiliki siswa. Metodologi penelitian ini memakai pendekatan kualitatif deksriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT At-Taufiq Depok dan subjek yang diteliti merupakan siswa kelas VIII tahun ajaran 2022/2023. Instrumen seperti angket, tes, dan pedoman wawancara digunakan pada penelitian ini. Dengan adanya angket, self efficacy siswa dapat dikategorikan berdasarkan tinggi, sedang, dan rendah. Terdapat lima soal uraian tes literasi matematika dengan pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Sementara itu, pedoman wawancara dilakukan guna untuk memperkuat pendeksripsian terkait kesulitan siswa saat menyelesaikan soal yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kategori self efficacy tinggi dan sedang mampu menyelesaikan soal menggunakan proses literasi matematika. Sedangkan, siswa kategori self efficacy rendah kesulitan pada indikator kedua yakni menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran.
References
Aledya, V. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA. ResearchGate, 2(May), 0–7.
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. Jurnal Buana Pengabdian, 8(5), 55.
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659
Andri, Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung II. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231–241. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.869
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v2i7.377
Hasan, M. M., Imafatul, D., & Aziizah, B. R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika. Prosiding Makalah Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 33–56. http://ftik.uinsatu.ac.id/tmt/wp-content/uploads/Prosiding-SEMNASDIKTA-V-2019.pdf#page=41
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766
Islamiyah, A. C., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 66–76. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10035
Kafifah, A., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2018). Pelevelan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship. Kadikma, 9(3), 75–84. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/10918
Lestari, I. S., Zaenuri, Z., & Mulyono, M. (2022). Literasi Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy Dengan Menggunakan Problem Solving Learning Model Dengan Strategi Scaffolding. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(1), 27–35. https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17091
Munir Yusuf. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. In D. Ilham (Ed.), Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Nurcamelia, N., & Budiman, I. (2022). Analisis Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMPI DARUL MU’MININ. Seminar Nasional Matematika …, 821–827. https://conference.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/Sesiomadika2021/paper/view/428
Purwanti, A. F., Mutrofin, & Alfarisi, R. (2021). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(2), 131–142.
Ramiartiah, & Hidayati, N. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika pada Materi Segiempat. Prosiding Sesiomadika, 99–105. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2309
Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (Pisa). JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 1–13. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8237
Rizki, M. (2018). Profil Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika Oleh Siswa Kelompok Dasar. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 18(November), 271–286.
Simalango, M. M., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2018). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAl PISA TAHUN 2012 LEVEL 4, 5, DAN 6 DI SMP N 1 INDRALAYA. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 43–58. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.2143.
Syamsuadi, A., Darmadi, M. F., & Dassa, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Berorientasi PISA Dengan Konten Change And Relationship Pada Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 158–165. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/816/229
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gisni Anjarrani; Meyta Dwi Kurniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.