Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret Ditinjau dari Disposisi Berpikir Kritis

Authors

  • Aghniya Barkah Rizqiyah Universitas Siliwangi
  • Aripin
  • Puji Lestari

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.20152

Keywords:

disposisi berpikir kritis, kemampuan berpikir kritis matematis, masalah barisan dan deret

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret ditinjau dari disposisi berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 9 siswa kelas XI IPA SMA IT Ibadurrohman, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat yang terdiri dari 3 siswa dengan disposisi berpikir kritis tinggi, 3 siswa dengan disposisi berpikir kritis sedang dan 3 siswa dengan disposisi berpikir kritis rendah. Pengumpulan data melalui tes kemampuan berpikir kritis materi barisan dan deret, dan angket disposisi berpikir kritis yang sudah tervalidasi serta wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Subjek penelitian dengan level disposisi berpikir kritis tinggi (DBKT) memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik ditunjukkan dengan penguasaan keenam indikator kemampuan berpikir kritis matematis.  2) Subjek penelitian dengan level disposisi berpikir kritis sedang (DBKS) memiliki kemampuan berpikir kritis yang beragam, DBKS1 hanya memenuhi 5 indikator dari 6 indikator kemampuan berpikir kritis matematis, 2 diantaranya dilalui dengan lengkap dan 3 lainnya kurang tepat, DBKS2 memenuhi keenam indikator kemampuan berpikir kritis matematis, dan DBKS3 hanya memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir kritis matematis. 3) Subjek penelitian dengan level disposisi berpikir kritis rendah (DBKR) pada umumnya memenuhi 5 indikator kemampuan berpikir kritis dan tidak memenuhi indikator mengevaluasi hasil penyelesaian masalah secara keseleruhan (overview).

 

References

As’ari, A. R., Kurniati, D., Maharani, S., & Basri, H. (2020). Ragam Soal Matematis untuk Mengembangkan Disposisi Berpikir Kritis (I, Vol. 21, Issue 1). UM Press.

Asyhar, B. (2023). Kajian Analisis Model Pembelajaran Inkuiri – Infusi untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Program Studi Tadris Matematika , Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah. 6(1), 1–20. https://doi.org/10.30762/f

Athifah, U., & Khusna, H. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Self-Confidence dan Gender. 11(1), 265–278.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Informal Logic, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.22329/il.v6i2.2729

Facione, P. A. (2000). The Disposition Toward Critical Thinking: Its Character, Measurement, and Relationship to Critical Thinking Skill. Informal Logic, 20(1), 61–84. https://doi.org/10.22329/il.v20i1.2254

Faradillah, A., & Humaira, T. (2021). Mathematical Critical Thinking Skills Senior High School Student Based on Mathematical Resilience and Domicile. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1978–1991. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.682

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822

Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematik Sertakemampuan Dan Disposisi Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 35–45. https://doi.org/10.33387/dpi.v2i1.97

Idris, A., Suratni, J., & Jalal, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Operasi Himpunan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(1), 52–56.

Lailani, D. T. N., & Rusmana, I. M. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(2), 103. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n2.p103-116

Maulida, D., Roesdiana, L., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendikia, 07(1), 16–26.

Miatun, A., & Khusna, H. (2020). Kemampuan Berpıkır Krıtıs Matematıs Berdasarkan Dısposısı Matematıs. Jurnal Aksioma, 9(2), 269–278.

Rahayu, D. S. (2019). Profil Berpikir Kritis Siswa MTs Bergender Perempuan dalam Menyelesaikan Masalah. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2(1), 30–38. https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i1.1586

Rosmaini. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. 5(2), 869–879.

Saputra, H. (2020). “ Kemampuan Berfikir Kritis Matematis .” April, 1–7.

Sari, R. K. (2023). Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. 5(1), 11–19.

Sholihah, D. A., Shanti, W. N., & Ata, U. A. (2018). Dıposısı Berpıkır Krıtıs Matematıs Dalam Pembelajaran. JKPM Volume 4 Nomor 2 ,1–9.

Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2)(2), 89–100.

Uyun, S. N., & Fuat, F. (2020). Kemampuan Disposisi Berfikir Kritis Siswa Yang Berkategori Rendah Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Nilai Mutlak Linier Satu Variabel. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 58. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5370

Yanti, O. F., & Prahmana, R. C. I. (2017). Model Problem Based Learning, Guided Inquiry, dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 120–130. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.120-130

Yanty, E., Nasution, P., Pebrianti, D., & Putri, R. (2020). Analysıs of Crıtıcal Thınkıng Dısposıtıon of IPS Students In Mathematıcs Learnıng. 5, 61–76.

Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 325. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p325-332

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Rizqiyah, A. B., Aripin, & Lestari, P. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret Ditinjau dari Disposisi Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 9(2), 103–111. https://doi.org/10.33474/jpm.v9i2.20152