PENDIDIKAN TATA KRAMA UNTUK ANAK USIA DINI

Penulis

  • Alya Nur Fadhilah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v3i2.13695

Abstrak

Abstract

Pendidikan mengenai tata krama merupakan hal yang harus diberikan sejak anak usia dini. Anak usia dini merupakan usia menerima pengaruh disekitar dengan cepat dan menjadi pondasi untuk pendidikan selanjutnya, maka guru memiliki kewajiban untuk mendidik anak termasuk tata krama. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi, kemudian uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah guru di RA Syihabuddin Malang tidak hanya menggunakan video pendukung dalam pendidikan tata krama. Guru menggunakan praktik langsung dengan pembiasaan tata krama dasar seperti mengucapkan kata “maaf, tolong, terimakasihâ€, mengetuk pintu dan memberi salam, mendengarkan orang lain saat berbicara dan tidak menyela saat orang lain berbicara.

 

Kata kunci: Guru, Pendidikan, Tata Krama, Anak Usia Dini.

 

Abstract

The education about manners is something that must be given to an early childhood. Early childhood is the age of receiving influences around them quickly and it becomes the foundation for their further education. Teachers have an obligation to educate children, including about manners. This research is a qualitative research with case study approached. Data were collected by an observation and an interviews. The validity used a triangulation. The results of this research are the teachers of RA Syihabuddin Malang not depends the manners education with a video, they uses hands-on practice habits for manners education with basic manners such as saying the words “sorry, please, thank youâ€, knocking on doors before entering the room and greetings, listening to others when they are talking and not interrupting.

 

Key words: Teacher, Education, Manners, Early Childhood,

Referensi

Anwar, Muhammad. (2015). Filsafat Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Hasan, Muhammad. dkk. (2021). Landasan Pendidikan. Tahta Media Grup.

Hurlock, Elizabeth B.(2000) Perkembangan Anak. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Moleong, Lexy J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatiif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Montessori, Maria. (2020). dr. Own Montessori’s Handbook. Yogyakarta : Bentang Pustaka.

Octavia, Shilphy A. (2020). Etika Profesi Guru. Yogyakarta : Dee Publish.

Permendikbud No.137 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Pratiwi, Wiwik. (2017). Konsep Bermain pada Anak Usia Dini. Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 5 No.5.

Purwanto, Ngalim. (2011). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Raodah. (2019). Tata Krama dalam Adat Istiadat Orang Katobengke di Kota Bau-bau Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Patanjala Vol.11 No. 2.

Setiawan, Eko. (2018). Kompetensi Pedagogik & Profesional Guru PAUD dan SD/MI. Jakarta : Esensi PT Erlangga Group.

Shaula, Faustina Dea & Hasyim, Noor. (2017). Menanamkan Konsep Tata Krama pada Anak Usia Dini melalui Perancangan Game Edukasi. Jurnal Informatika UPGRIS Vol. 3 No.1.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suyadi & Ulfah, Maulidya. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2021-11-10

Cara Mengutip

Fadhilah, A. N. (2021). PENDIDIKAN TATA KRAMA UNTUK ANAK USIA DINI. Thufuli, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.33474/thufuli.v3i2.13695