PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ABAD 21 PRESPEKTIF KITAB AL ARBA’IN AN NAWAWIYAH

Authors

  • Rahmat Rahmat Institut KH. Abdul Chalim Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v3i2.13866

Abstract

Learning is a central activity in educational practice. In its implementation, learning must be carried out with correct implementation managerial steps such as having to go through planning, implementation to evaluation. In the 21st century, Islamic learning is required to be able to innovate in explaining learning terms and especially these activities in starting through a study of the turots books (books of inheritance) of previous scholars so that learning can continue to be developed while at the same time preserving the heritage of the scholars. This study applies a type of qualitative research with a literature review approach, which then from the results of the study of 12 hadiths in the book of Al-Arba'in An-Nawawiyah found learning procedures that are very relevant to be applied in 21st century Islamic learning in which the twelve hadiths contain affirm and strengthen learning procedures such as, 1) Learning strategies, 2) Models, 3) Approaches, 4) Materials, 5) Methods, 6) Techniques, 7) Media, 8) Evaluation, and 9) Remedial.

Keywords: learning, Islamic education, 21st Century, Al-Arba'in An-Nawawiyah

 

Abstrak

 

Pembelajaran merupakan aktivitas sentral dalam praktik pendidikan. Secara implementasinya, pembelajaran haruslah dilaksanakan dengan langkah-langkah manajerial pelaksanaan yang benar seperti harus melalui perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Pada abad 21 ini, pembelajaran Islam dituntut untuk dapat berinovasi dalam menjelaskan istilah-istilah pembelajaran dan terutama kegiatan tersebut dalam dimulai melalui telaah kitab-kitab turots (kitab warisan) para ulama terdahulu agar pembelajaran dapat terus diupayakan pengembangannya sekaligus dapat melestarikan kitab warisan ulama tersebut. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian kepustakaan, yang kemudian dari hasil telaah 12 hadis dalam kitab Al-Arba’in An-Nawawiyah ditemukan prosedur pembelajaran yang sangat relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran Islam abad 21 yang mana keduabelas hadis tersebut kandungannya mempertegas dan menguatkan prosedur pembelajaran seperti, 1) Strategi pembelajaran, 2) Model, 3) Pendekatan, 4) Materi, 5) Metode, 6) Teknik, 7) Media, 8) Evaluasi, dan 9) Remidial.

Kata Kunci: pembelajaran, pendidikan agama Islam, Abad 21, Al-Arba'in An-Nawawiyah

References

Adityo Susilo. 2020. “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures.†Jurnal Penyakit Dalam Indonesia 7(1):45–57.

Benny A. Pribadi. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Hanief, Muhammad, and Muhammad Fahmi Hidayatullah. 2021. “INTERNALIZATION OF CHARACTER VALUES BASED ON SPIRITUAL INTELLIGENCE AT SD ISLAM BANI HASYIM MALANG REGENCY.†Conciencia 21(1):37–48. doi: 10.19109/CONCIENCIA.V21I1.8576.

Hidayatullah, Muhammad Fahmi. 2018. “Paradigma Pendidikan Keluarga: Supervisi Dan Motiv Keterlibatan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Ibadah.†Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam 2(1):58–74.

Lexy J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. 2010. Evaluasi Pendidikan. Malang: UIN-Maliki Press.

Munzier Saputra. 2006. Ilmu Hadis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nana Sujana. 1989. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Oemar Hamalik. 1990. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

PAIRIN. 2017. “SEJARAH PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM.†Tarbiyah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari 2(1):116–23.

Rahmat. 2017. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIDISIPLINER Telaah Teori Dan Praktik Pengembangan PAI Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi. Vol. 1. 1st ed. edited by Fathorrazi. Yogyakarta: LKiS.

Rahmat. 2019a. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1st ed. Yogyakarta: Bening Pustaka.

Rahmat. 2019. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013. 1st ed. Yogyakarta: Bening Pustaka.

Rahmat. 2021. Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Telaah Kitab Ayyuhal Al-Walad Karya Imam Al-Ghazali. Malang: Pustaka Learning Center (PLC).

Ramayulis. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Syaikh Manna’ Al-Qaththan. 2009. Pengantar Ilmu Hadis. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

W.S Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2021-11-15

How to Cite

Rahmat, R. (2021). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ABAD 21 PRESPEKTIF KITAB AL ARBA’IN AN NAWAWIYAH. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(2), 1–16. https://doi.org/10.33474/ja.v3i2.13866

Issue

Section

Articles