MENGAPA TAKSONOMI BLOOM PERLU DIREVISI? (TELAAH PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)

Authors

  • Nurlathifah Thulfitrah B Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Nuristiqamah Awaliyah Putri B Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v3i2.14021

Abstract

Talking about Bloom ‘s Taxonomy in the learning process, of course, it will discuss about educators, students, learning objectives, and others related to learning activities. The selection of the correct learning goal orientation will encourage students to learn, willing to learn, and interested in learning what is the teaching material. There has been a lot of evidence showing that an educator is a facilitator in the classroom, where they have directed by teaching many things to students using their own style of learning methods. If Bloom's Taxonomy is intended to provide suggestions for improving the quality of education, the revised taxonomy by Anderson and Krathwohl should be able to change the way educators think and act.

Keywords: Bloom ‘s Taxonomy, Revision, Islamic Education

 

                                                      Abstrak

Berbicara tentang Taksonomi Bloom dalam proses pembelajaran tentunya akan membahas tentang pendidik, siswa, tujuan pembelajaran, dan lain-lain yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Pemilihan orientasi tujuan pembelajaran yang tepat akan mendorong siswa untuk belajar, mau belajar, dan tertarik untuk mempelajari apa yang menjadi bahan ajar. Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa seorang pendidik adalah fasilitator di dalam kelas, di mana mereka telah mengarahkan dengan mengajarkan banyak hal kepada siswa dengan menggunakan gaya metode pembelajaran mereka sendiri. Jika Taksonomi Bloom dimaksudkan untuk memberikan saran bagi peningkatan kualitas pendidikan, taksonomi yang direvisi oleh Anderson dan Krathwohl seharusnya dapat mengubah cara berpikir dan bertindak pendidik.

Kata Kunci: Taksonomi Bloom, Revisi, Pendidikan Agama Islam

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran dan asesmen: revisi taksonomi pendidikan Bloom / editor Lorin W. Anderson, David R. Krathwohl. Pustaka Pelajar.

Anderson, L. W., & Sosniak, L. A. (1994). Bloom’s taxonomy. Univ. Chicago Press Chicago, IL.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction.

Dimyati, D. (2003). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta. Gordon Dryden & Jeannette Vos.

Doran, G. T. (1981). There’s a SMART way to write management’s goals and objectives. Management Review, 70(11), 35–36.

Edwards, M. C., & Briers, G. E. (2000). Higher-Order and Lower-Order Thinking Skills Achievement in Secondary-Level Animal Science: Does Block Scheduling Pattern Influence End-of-Course Learner Performance?. Journal of Agricultural Education, 41(4), 2–14.

Ferris, T. L. J., & Aziz, S. (2005). A psychomotor skills extension to Bloom’s taxonomy of education objectives for engineering education. National Cheng Kung University Tainan.

Fuad, A. Z. (2014). Taksonomi Transenden (Paradigma Baru Tujuan Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(1), 1–25.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(02).

Hardianto, H. (2016). Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 3(1), 1–20.

Hidayatullah, M. F. (2018). Paradigma Pendidikan Keluarga: Supervisi dan Motiv Keterlibatan Orang Tua dalam Pelaksanaan Ibadah. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 58–74. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/134

Muhibbin, S. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pribadi, B. A. (2011). Model assure untuk mendesain pembelajaran sukses. Jakarta: Dian Rakyat.

Santrock, J. W. (2017). Psikologi Pendidikan. Kencana Media. https://library.unismuh.ac.id/opac/detail-opac?id=26

Suparman, A. (2012). Desain instruksional modern: panduan para pengajar dan inovator pendidikan.

W.S Winkel. (2009). Psikologi Pengajaran. Media Abadi.

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran berbasis multiple intelligences. Jakarta: Dian Rakyat, 642–650.

Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi Kedua. Kencana.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Thulfitrah B, N., & Awaliyah Putri B, N. (2021). MENGAPA TAKSONOMI BLOOM PERLU DIREVISI? (TELAAH PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM). Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(2), 36–54. https://doi.org/10.33474/ja.v3i2.14021

Issue

Section

Articles