PERENCANAAN KURIKULUM PEMBELAJARAN DI TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) ASY- SYIFA DALAM MENUNJANG TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA CUMEDAK KECAMATAN SUMBERJAMBE KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Nurul Anam IAI Al-Qodiri Jember
  • Murtasiyatul Jannah IAI Al-Qodiri Jember

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v2i2.8682

Abstract

Curriculum planning is one of the components that have an important role in the education curriculum system, because the main component of the curriculum is not only about the implementation and evaluation of the curriculum, but the curriculum component also discusses about curriculum planning. Curriculum planning must be considered by educational institutions in order to run optimally. In TBM Asy-syifa Village Cumedak Kec. Sumberjambe Kab. Jember, curriculum planning is carried out to the maximum. From the research background, this research will describe about Curriculum Planning in TBM Asy-syifa Village Cumedak Kec. Sumberjambe Kab. Jember. The approach in this research is qualitative approach, with data analysis using Triangulation. To collect data using methods such as: observation method, interview method and documentation method, so that the data collected becomes valid, it is used the validity of situation triangulation data and source triangulation. The results showed that the planning of the learning curriculum in TBM Asy-syifa Village Cumedak Kec. Sumberjambe Kab. Jember starting from the basic curriculum planning, seeking information from the surrounding community, government guidelines on education outside the school.

 

Keyword: Curriculum Planning, Community Reading Park

 

Abstrak

 

Perencanaan kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sisitem kurikulum pendidikan, sebab komponen utama kurikulum bukan hanya tentang pelaksanaan dan evaluasi kurikulum, akan tetapi komponen kurikulum juga membahas tentang perencanaan kurikulum. Perencanaan kurikulum harus diperhatikan oleh lembaga pendidikan agar pelaksanaannya berjalan dengan maksimal. Di TBM Asy-syifa Desa Cumedak Kec. Sumberjambe Kab. Jember, perencanaan kurikulum dilaksanakan secara maksimal. Dari latar penelitian maka penelitian ini akan mendiskripsikan tentang Perencanaan Kurikulum di TBM Asy-syifa Desa Cumedak Kec. Sumberjambe Kab. Jember. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan analisa data menggunakan Triangulasi. Untuk mengumpulkan data menggunakan metode yaitu: metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi, agar data yang dikumpulkan menjadi valid maka digunakan keabsahan data Triangulasi situasi dan Triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum pembelajaran di TBM Asy-syifa Desa Cumedak Kec. Sumberjambe Kab. Jember di mulai dari perencanaan kurikulum dasar, mencari informasi dari masyarakat sekitar, pedoman pemerintah tentang pendidikan luar sekolah.

Kata Kunci: Perencanaan Kurikulum, Taman Bacaan Masyarakat

References

Alsa, Asmadi. 2014. Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Asrohah, Hanun. Dan Alamsyah, Anas Amin . 2015. Pengembangan Kurikulum. Surabaya: Kopertais IV Press.

Depag RI. 2012. Alqur’an dan Terjemahnya. Jakarta : Cahaya Alqur’an.

Fathurrohman, Pupuh. Dan Sutikno, Sobri. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

I wati, Ella yul. 2013. Taman Bacaan Masyarakat Rintisan. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Usia Dini, Nonformal Dan Informal.

Kalida, Muhsin. 2012. Fundraising Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Yogyakarta: Aswaja.

Kasiram, Moh. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif- Kuantitatif. Malang: UIN Maliki Press.

Margono. S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Moleong, Lexy, J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Musfiqon, M. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Muzzaki, Akh. Dan Kholilah. 2015. Ilmu Pendidikan Islam. Surabaya: Kopertais IV Press.

Nurul Anam dan Moh. Rofid Fikroni, 2020. Rabbani Education: Basic Concepts, Design and Implications of Rabbani Education Learning. Jurnal Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, Vol. 31 No. 1 Januari. DOI: https://doi.org/10.33367/tribakti.v31i1.975.

Partanto, Pius A. Dan Al Barari, M. Dahlan. 2001. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmawati, Ratih dan Blasius Sudarsono. 2012. Perpustakaan untuk Rakyat Dialog Anak dan Bapak. Jakarta: CV Sagung Seto.

Rohman, Muhammad. Dan Amri, Sofyan. 2012. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Safi’i, Imam. 2020. Model Kepemimpinan Kyai Dalam Membentuk Santri Mandiri Di Era 4.0, Al-Mada: Jurnal Agama Sosial dan Budaya Vol. 3 No 2.

Sa’dullah, Anwa dan Hidyatullah, MF. 2020. Design of Improving The Quality of Human Resources Based on Islamic Schools... Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam Vol.3, no. 3.

Shuihan, Muwahid. Dan Soim. 2013. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Sufyarma. 2004. Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif- Kuantitatif Dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan universitas Pendidikan Indonesia. 2015. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wiyono, DF. 2017. Pemikiran Pendidikan Islam: Konseptualisasi Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Intelektual Islam Klasik. Nidhomul Haq Vol 2, Nomor 3.

Zusnani, Ida. 2013. Manajemen Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa. Yogyakarta: Platinum.

Downloads

Published

2020-11-29

How to Cite

Anam, N., & Jannah, M. (2020). PERENCANAAN KURIKULUM PEMBELAJARAN DI TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) ASY- SYIFA DALAM MENUNJANG TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA CUMEDAK KECAMATAN SUMBERJAMBE KABUPATEN JEMBER. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.33474/ja.v2i2.8682

Issue

Section

Articles