PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PONDOK PESANTREN AL-KAROMAH, KEPANJEN MALANG

Authors

  • Siti Muawanatul Hasanah Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v2i2.9083

Abstract

This study aims to explore and analyze the typology of management of Islamic educational institutions in the archipelago. This qualitative descriptive study made the kyai the research subject. The collection technique was carried out by observation, interviews, and documentation. While the analysis is done by collecting research data, reducing data, presenting data to draw conclusions. The results show that the typology of management of Islamic education institutions in the archipelago is: 1) The development of Islamic boarding schools tends to be modern, this can be seen from the pesantren curriculum whose development tends to develop madrasah diniyah which are divided into madrasah diniyah at ula, wustha, and ulya levels. Not only the development of the madrasah diniyah, the curriculum development in the Al-Karomah Islamic boarding school has also developed a pesantren curriculum that is macro, meso and micro. 2) The leadership pattern played by the kyai tends to a charismatic type of leadership, this can be seen in several activity structures that involve the figure of the kyai directly in the field. Kyai also acts as an intellectual leader, as a community leader, and as a spiritual leader.

Keywords: PAI, Islamic education management, pesantren

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis tipologi pengelolaan lembaga pendidikan Islam di nusantara. Studi deskriptif kualitatif ini menjadikan kyai sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis dilakukan dengan cara mengumpulkan data penelitian, mereduksi data, menyajikan data hingga menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipologi pengelolaan lembaga pendidikan Islam di nusantara adalah: 1) Perkembangan pesantren cenderung modern, hal ini terlihat dari kurikulum pesantren yang perkembangannya cenderung mengembangkan madrasah diniyah yang terbagi menjadi madrasah. diniyah pada tingkat ula, wustha, dan ulya. Tidak hanya pengembangan madrasah diniyah, pengembangan kurikulum di pesantren Al-Karomah juga telah mengembangkan kurikulum pesantren yang bersifat makro, meso dan mikro. 2) Pola kepemimpinan yang dimainkan oleh kyai cenderung pada tipe kepemimpinan yang karismatik, hal ini terlihat pada beberapa struktur kegiatan yang melibatkan sosok kyai secara langsung di lapangan. Kyai juga berperan sebagai pemimpin intelektual, pemimpin komunitas, dan pemimpin spiritual.

Kata Kunci: PAI, manajemen pendidikan Islam, pesantren

References

Arifin, Imron. (1996). Penelitian Kualitatif dalam ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada Press.

Arikunto, Suharsimi. (2002) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bugin, Burhan. (2001). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya. Airlangga Universitas Press.

Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi. Presentasi. dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daulay, Haidar Putra. (2002). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional Medan: IAIN Press. cet. 1.

Diding, Nurdin.. (2007). “Manajemen Pendidikan†dalam Djudju Sudjana dkk. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Engku, Iskandar & Siti Zubaidah. Siti. (2014). Sejarah Pendidikan Islami. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Fadjar, A. Malik. (1999). Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan. Cet. 2.

Hasan, Tolhah. (1993) dalam Pengantar Imron Arifin. Kepemimpinan Kyai: Kasus Pondok Pesantren Tebuireng. Malang: Kalimasahada.

Ibrahim Anis. et-al. (1972). Al-Mu’jam al-Wasit. Kairo: Dar al-Ma’arif.

Ismail. (2017). Politik pendidikan Islam disaerah (Studi Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Dalam pengembangan madrasah diniyah. Surabaya: Pascasarjana Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya.

Majid, Nurcholis. (1995). Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.

Malayu. SP Hasibuan. Manajer:Dasar. Pengertian. dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara: 2001)

Maunah, Binti. (2009). Tradisi Intelektual Santri: Dalam Tantangan dan Hambatan Pendidikan Pesantren di Masa Depan. Yogyakarta: Teras.

Moleong, Lexy. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nata, Abuddin. (2011). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Poerwadaminta, WJS. (1990). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Qomar, Mujamil. (2007). Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Sa’dullah, Anwar & Muhammad Fahmi Hidayatullah. 2020. Design Of Improving The Quality Of Human Resources Based On Islamic Schools In Anak Saleh Foundation, Malang City. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 2.

Sholihuddin, Moh. Kurikulum Pesantren dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Al- ‘Adalah Vol. 6. No. 1. April 2003.

Soebahar, Abdul Halim. (2013). Modernisasi Pesantren. Yogyakarta: Lkis.

Sugiyono. (2008) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo. Administrasi. (1999) Manajemen dan Organisasi. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

Umiarso & Zazin, Nur. (2011). Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan: Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren. Semarang: RaSAIL Media Group.

Usman, Husaini & Akbar, Purnomo Setiadi. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-11-29

How to Cite

Hasanah, S. M. (2020). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PONDOK PESANTREN AL-KAROMAH, KEPANJEN MALANG. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 24–37. https://doi.org/10.33474/ja.v2i2.9083

Issue

Section

Articles