PENERAPAN METODE PENUGASAN BERVARIATIF DAN UMPAN BALIK PADA MATERI MUNAKAHAT/ PERNIKAHAN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XII-TPM-A SMKN 2 SURAKARTA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DI MASA COVID-19

Authors

  • Sri Handayani SMK Negeri 2 Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v2i2.9155

Abstract

The Covid-19 pandemic demands that teachers be more creative and innovative in determining learning methods, especially in Islamic Religious Education subjects. Teaching religion with abstract nuances of material is not easy for students to grasp the teacher's explanation, especially on Munakahat material. As found in SMKN 2 Surakarta, this study aims to reveal the results of varied methods and feedback on the results of teacher creativity in increasing learning activeness during the pandemic. This research was conducted in class XII TPM-A Odd Semester material Munakahat. The research method used is Classroom Action Research with two cycles, where each cycle consists of planning, implementing actions, reflection and evaluation. Analysis of the data used through qualitative descriptive analysis based on the results of observations, interviews, and reflections in cycle I and cycle II. The results of this study indicate that the use of varied assignment learning methods and giving feedback can increase the learning activeness of PAI class XII TPM-A students during the Pandemic.

 

Keywords: varied assignments, feedback, learning activeness

 

Abstrak

 

Pandemi Covid-19 menuntut guru lebih kreatif dan inovatif dalam menentukan metode pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Mengajarkan agama dengan nuansa materi yang bersifat abstrak tidak mudah bagi siswa menangkap penjelasan guru, terutama pada materi Munakahat. Sebagaimana yang terdapat di SMKN 2 Surakarta, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hasil metode variatif dan umpan balik atas hasil kreatifitas guru dalam meningkatkan keaktifan belajar di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII TPM-A Semester Gasal materi Munakahat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi dan evaluasi. Analisis data yang digunakan melalui analisis deskritif kualitatif berdasarkan hasil observasi, wawancara,  dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran penugasan bervariatif dan pemberian umpan balik dapat meningkatkan keaktifan belajar PAI siswa kelas XII TPM-A di masa Pandemi.

Kata Kunci: penugasan bervariatif, umpan balik, keaktifan belajar

 

References

Bakri, M., & Werdaningsih, D. (2017). Membumikan Nilai Karakter Berbasis Pesantren, Belajar dari Best Practice Pendidikan Karakter Pesantren dan Kitab Kuning. Cet. II. Jakarta: Nirmana MEDIA.

Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik O. 1990. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayatullah, Muhammad Fahmi. 2018. Paradigma Pendidikan Keluarga: Supervisi dan Motiv Keterlibatan Oran Tua….Jurnal Tarbiyatuna Volume 2 Nomor 1.

Hidayatullah, Muhammad Fahmi. 2019. Model Pendidikan Karakter Sepenuh Hati Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Elementeris, Volume 1 Nomor 2.

Moedjiono D, 1993. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Departemen. Pendidikan dan Kebudayaan.

Nindiah. 2012. Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pemberian Pekerjaan Rumah Disertai Umpan Balik pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Tujuh Belas. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Pontianak: FKIP Universitas Tanjungpura

Permendikbud. nomor 72 Tahun 2013

Roestiyah NK1991.., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Safi’i, Imam. 2017. Pendidikan Agama di Lingkungan Keluarga Guna Membangun Mentalitas Bangsa. Vicratina, Volume 2 Nomor 2.

SKB Mendikbud, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Nomor 01/Kb/2020, Nomor 516 Tahun 2020, Nomor Hk.03.01/Menkes/363/2020, Nomor 440-882 Tahun 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sukmadinata. 2002. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda.

Teaching Development Unit. 2009. Assessment: Feedback to Promote Student Learning. New Zealand: The University of Waikato

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Handayani, S. (2020). PENERAPAN METODE PENUGASAN BERVARIATIF DAN UMPAN BALIK PADA MATERI MUNAKAHAT/ PERNIKAHAN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XII-TPM-A SMKN 2 SURAKARTA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DI MASA COVID-19. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 48–62. https://doi.org/10.33474/ja.v2i2.9155

Issue

Section

Articles