Pengembangan Media Video Animasi Stopmotion dalam Mata Pelajaran Matematika SMP Materi Kekongruenan

Authors

  • Choirunisa Firda Haryanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16804

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Animasi, Stopmotion, Kekongruenan

Abstract

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah video animasi stopmotion. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media video animasi stopmotion serta untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media video animasi stopmotion dalam pelajaran matematika SMP materi kekongruenan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan produk yang akan dikembangkan berupa media video animasi stopmotion untuk materi kekongruenan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas IX. Instumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi untuk para ahli pembelajaran dan ahli media pembelajaran untuk mengetahui kevalidan produk yang dikembangkan serta angket respon siswa dan guru untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dihasilkan media pembelajaran berupa media video animasi stopmotion dalam mata pelajaran matematika materi kekongruenan. Tingkat kelayakan dari media video animasi stopmotion yang dikembangkan memperoleh nilai dari ahli pembelajaran 87,5% dengan kriteria sangat valid dan dari ahli media pembelajaran 83,3% dengan kriteria valid. Oleh karena itu, media video animasi stopmotion yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan valid dan dapat layak digunakan dalam proses pembelajaran kekongruenan.

References

Adi, Arista Prasetyo. 2017. Bikin Video Apapun Tanpa Ribet. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Afandi, M. S. P., Chamalah, E., Oktarina Puspita Wardani, S. P., Gunarto, H., & Hum, M. (2013). Model dan Metode Pembelajaran. Semarang: UNISSULA.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI

Kustandi, Cecep. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Maryanti, S., & trie Kurniawan, D. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN APLIKASI PICPAC. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26-33.

Meryansumayeka, M., & Suganda, V. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis PMRI untuk Mendukung Mental Calculation Siswa dalam Permasalahan Aritmatika Sosial. Jurnal Elemen, 4(2), 119-130.

Siagian, S., & Mursid, W. (2014). Y.: Development of interactive multimedia learning in learning instructional design. Journal of Education and Practice, 5(32).

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2019. Paradigma Penelitian Pendidikan: Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Suheri, A. (2006). Animasi Multimedia Pembelajaran. Jurnal Media Teknologi, 2(1), 27-33.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Supatmo, Catur., 2002. Matematika Asyik. Jakarta: Grasindo.

Suyanto. 2005. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Haryanti, C. F. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Stopmotion dalam Mata Pelajaran Matematika SMP Materi Kekongruenan. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 81–89. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16804