Pengembangan kompetensi kepala sekolah melalui pelatihan penulisan penelitian tindakan sekolah (PTS) sebagai inovasi pendidikan dalam merdeka belajar

Authors

  • Lulus Irawati Universitas PGRI Madiun
  • Erlik Widiyani Styati Universitas PGRI Madiun
  • Awit Mangesti Damastuti Universitas PGRI Madiun
  • Rindiani Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19275

Keywords:

kompetensi, menulis, inovasi, best practice

Abstract

Tujuan melaksanakan kegiatan ini untuk memberikan pelatihan kepada kepala sekolah di lingkup UPTD Kecamatan Kawedanan dan pengarahan pada penelitian Tindakan sekolah yang sesuai dengan publikasi bagi kepala sekolah serta cara dalam menyebarluaskan inovasi penelitian tindakan sekolahnya secara umum. Metode yang digunakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Peserta pelatihan terdiri dari 30 kepala sekolah di lingkup UPTD kecamatan Kawedanan. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan. pelatihan pengembangan kompetensi kepala sekolah yang diadakan di UPTD Kawedanan berlangsung dan berjalan lancar. Materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan kepala sekolah dalam pembuatan PTS sebagai best practice. Materi kegiatan pelatihan penulisan PTS sesuai dengan kebutuhan kepala sekolah. Penyediaan modul yang diberikan kepada peserta pelatihan untuk memberikan gambaran dalam menyiapkan ide, rancangan, draft, dan implementasi kegiatan praktik menulis penelitian tindakan sekolah sebagai best practice.

References

Basri, S., & Ardiansyah, M. (2018). Best Practice Penelitian Tindakan Sekolah. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat “Peluang Dan Tantangan Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Inovatif Di Era Kebiasaan Baru,” 369–372.

Irawati, L., Saukah, A., & Ruslan, S. (2018). Indonesian Authors Writing Their Discussion Sections Both in English and Indonesian Research Articles. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, 37(3), 447–456. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.21536

Nitiasih, P. K. (2015). Pelatihan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Pembelajaran Terpadu Kepala Sekolah dan Pengawas SD dengan Reflective Model. Widya Laksana, 4(1), 34–42. https://doi.org/10.23887/jwl.v4i1.9833

Novitawati, N., Purwanti, R., Sulaiman, S., & Prastitasari, H. (2021). Pelatihan Teknik Menulis Best practice Bagi Kepala Sekolah di PKG Banjarmasin Tengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 92. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i2.2739

Rafid, R., & Tinus, A. (2019). Kinerja Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Latambaga, Kolaka. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.28012

Safitri, E., Yusrial, Y., & AR, D. (2015). Kemampuan manajerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru di MIN Rukoh Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(4), 24–33. https://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2588

Styati, E. W., & Irawati, L. (2020). The Effect of Graphic Organizers on ELT Students’ Writing Quality. Indonesian Journal of EFL and Linguistics, 5(2), 279. https://doi.org/10.21462/ijefl.v5i2.283

Styati, E. W., & Latief, M. A. (2018). Investigating dominant and passive students on pair work towards the students’ writing performance. 3L: Language, Linguistics, Literature, 24(3), 142–154. https://doi.org/10.17576/3L-2018-2403-11

Styati, E. W., & Rodliyah, R. S. (2021). Investigating the writing quality of students with different proficiency levels in interaction-based pair works. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 11(1), 39–48. https://doi.org/10.17509/ijal.v11i1.34659

Susilo, H. (2012). Pemanfaatan kemampuan melaksanakan penelitian tindakan kelas/ penelitian tindakan sekolah untuk menunjang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. QUANTUM Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 3(2), 81–102. https://doi.org/10.20527/quantum.v3i2.1347

Wahira, Tolla, I., Hamid, A., & Lukman, H. B. (2021). Peningkatan Kemampuan Penulisan Penelitian Tindakan Sekolah bagi Pengawas dan Kepala Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Wandi, A. (2018). Analisis Peran Supervisi Kepala Sekolah terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Guru; Studi Tindakan Sekolah di SMPN 2 Situjuah Limo Nagari. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 71–77. https://doi.org/10.29210/02018195

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Irawati, L., Styati, E. W., Damastuti, A. M., & Rindiani. (2023). Pengembangan kompetensi kepala sekolah melalui pelatihan penulisan penelitian tindakan sekolah (PTS) sebagai inovasi pendidikan dalam merdeka belajar. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 1–11. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19275