Pemanfaatan aplikasi NVivo 12 Plus untuk riset kualitatif di bidang akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19401Keywords:
pelatihan dosen, aplikasi NVivo, riset akuntansiAbstract
NVivo 12 Plus adalah software yang sangat membantu kegiatan pengolahan data riset kualitatif menjadi efisien dan efektif. Para peneliti di Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan belum ada yang menguasai cara pengolahan data dengan software NVivo. Program pengabdian kepada masyarakat ini diselenggarakan bertujuan untuk mengedukasi para peneliti menggunakan Software NVivo, sehingga mampu mengolah data secara mandiri. Program ini menggunakan pendekatan service learning. Kegiatan dilakukan secara hybrid, yaitu offline dan online. Hasil evaluasi membuktikan bahwa mayoritas peserta telah mampu secara mandiri mengolah data riset kualitatif dengan menggunakan software NVivo. Mampu secara mandiri menginput data internal dan data eksternal. Mampu melakukan coding data hasil wawancara, coding data dari portal berita, coding data dari youtube, coding data dari publikasi artikel ilmiah. Mampu melakukan proses visualisasi pada coding yang telah dibuat. Mampu membaca hasil pengolahan data dan mengambil kesimpulan penelitian gambar visualiasi yang dihasilkan oleh Software NVivo. Tingkat keberhasilan program ini mencapai 80,44%. Namun, para peserta harus berlatih secara mandiri dan program ini masih perlu diselenggarakan secara rutin setiap tahun.
References
Bliss, E. S., Wong, R. H. X., Howe, P. R. C., & Mills, D. E. (2021). Benefits of exercise training on cerebrovascular and cognitive function in ageing. Journal of Cerebral Blood Flow and Metabolism, 41(3), 447–470. https://doi.org/10.1177/0271678X20957807
Burn, M., Tully, L. A., Jiang, Y., Piotrowska, P. J., Collins, D. A. J., Sargeant, K., Hawes, D., Moul, C., Lenroot, R. K., Frick, P. J., Anderson, V., Kimonis, E. R., & Dadds, M. R. (2019). Evaluating Practitioner Training to Improve Competencies and Organizational Practices for Engaging Fathers in Parenting Interventions. Child Psychiatry and Human Development, 50(2), 230–244. https://doi.org/10.1007/s10578-018-0836-2
Dalkin, S., Forster, N., Hodgson, P., Lhussier, M., & Carr, S. M. (2021). Using computer assisted qualitative data analysis software (CAQDAS; NVivo) to assist in the complex process of realist theory generation, refinement and testing. International Journal of Social Research Methodology, 24(1), 123–134. https://doi.org/10.1080/13645579.2020.1803528
Faris, S. (2020). Pengaruh Kompetensi, Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Dosen Tetap Pada universitas Prima Indonesia. Agriprimatech, 4(1), 16–24. https://doi.org/10.34012/agriprimatech.v4i1.1317
Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.
Hafidhah, H., & Yandari, A. D. (2021). Training Penulisan Systematic Literature Review dengan Nvivo 12 Plus. Madaniya, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.53696/27214834.39
Kemdikbud. (2022). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Science and Technology Index (Sinta), https://sinta.kemdikbud.go.id/ Diakses pada tanggal 31 Desember 2022.
Limone, P., Toto, G. A., Guarini, P., & Furia, M. di. (2022). Online Quantitative Research Methodology: Reflections on Good Practices and Future Perspectives. Science and Information Conference, 656–669. https://doi.org/10.1007/978-3-031-10461-9_45
Rahadi, D. R. (2020). Konsep Penelitian kualitatif plus tutorial NVivo. Bogor: PT. Filda Fikrindo.
Renny, F. P. (2023). Impact Of Training on Employees’ Performance at Eastern Condiments Private Limited. Available at SSRN, 1–19. https://doi.org/10.2139/ssrn.4345762
Setiawan, I. P., Liong, H., & Sani, A. (2020). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Dosen Pada Stia Al-Gazali Barru Kabupaten Barru. Jurnal Mirai Management, 5(3), 213–224. https://doi.org/10.37531/mirai.v5i3
Sitorus, R. R., Tambun, S., & Laura S, N. (2023). Pelatihan riset kualitatif bidang akuntansi dengan perangkat lunak NVivo pada prodi magister akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha. Ruang Cendekia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13–21. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/ruang-cendekia/article/view/572
Soehardi, F., Putri, L. D., & Dinata, M. (2021). NVivo Software Training for Young Researchers. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 8–13. https://doi.org/10.35877/454RI.mattawang265
Srinadi, N. L. P. (2022). Pengaruh Pelatihan Dan Budaya Organisasi, Terhadap Kepemimpinan Dan Motivasi Serta Dampak Selanjutnya Terhadap Kinerja Dosen Di ITB Stikom Bali (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). Universitas Pendidikan Ganesha.
Tambun, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Melakukan Riset Kualitatif dengan Menggunakan Software NVivo 12 PLus di LAN Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah di Samarinda. Jurnal Pemberdayaan Nusantara, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.52447/jpn.v1i2.5663
Tambun, S. (2022). Peningkatan Kapasitas Dosen dan Mahasiswa dalam Pemanfaatan Software Lisrel di STT Renatus Pematang Siantar. Abdikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(1), 47–51. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i1.97
Tambun, S., Heryanto, H., Mulyadi, M., Sitorus, R. R., & Putra, R. R. (2022). Pelatihan Aplikasi Olah Data SmartPLS untuk Meningkatkan Skill Penelitian bagi Dosen Sekolah Tinggi Theologia Batam. Jurnal Pengabdian Undikma, 3(2), 233–240. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5519
Tambun, S., & Sitorus, R. R. (2023). Pelatihan Aplikasi NVivo untuk Riset Kualitatif Bidang Akuntansi kepada Para Peneliti di Universitas Dhyana Pura. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 129–138. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i1.1298
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sihar Tambun, Riris Rotua Sitorus, Robiur Rahmat Putra, Kiko Armenita Julito
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.