Evaluasi keterampilan guru SMA/MA dalam menulis artikel ilmiah melalui pelatihan strategi efektif publikasi artikel pada jurnal ilmiah nasional

Authors

  • Lailatul Nuraini Universitas Jember
  • Sudarti Universitas Jember
  • Sri Handono Budi Prastowo Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19437

Keywords:

artikel ilmiah, jurnal nasional, pelatihan, publikasi

Abstract

Keterampilan guru dalam menulis artikel ilmiah masih perlu ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan dari minimnya kemampuan guru dalam mencapai kenaikan pangkat dengan menghasilkan suatu karya ilmiah. Kualitas yang kurang bagus dari suatu karya ilmiah berkontribusi pada tidak lolosnya suatu karya ilmiah dalam publikasi ilmiah yang dilakukan oleh guru. Tujuan kegiatan yaitu untuk mengevaluasi keterampilan guru dalam menulis artikel ilmiah melalui pelatihan strategi efektif publikasi pada jurnal ilmiah Nasional. Metode Pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan Asset Based Based Community Development meliputi kegiatan workshop dan pendampingan penulisan serta publikasi artikel ilmiah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menulis artikel ilmiah menjadi lebih baik dan mampu melakukan submisi artikel pada jurnal ilmiah nasional. Dengan demikian, kegiatan pengabdian masyarakat terkait penulisan artikel ilmiah perlu terus dilaksanakan kepada guru sehingga guru akan semakin terbiasa, kreatif dan inovatif dalam berkarya menghasilkan artikel ilmiah.

References

Arta, K. S. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi Di Jurnal Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru Di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Prosiding Seminar Nasional Hukum Dan Ilmu Sosial Ke-2, 5(2), 17. https://doi.org/10.23887/ap.v5i2.17412

Danim, & Sudarwan. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Kencana.

Dewi, T. U., & Handayani, S. L. (2020). Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis Digital Bagi Guru SMA di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 146–153. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6697

Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrika, D. (2017). Pelatihan penulisan karya tulis (KTI) bagi guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249–266.

Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380

Gunawan, I, Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.

Gunawan, Imam, Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.

Hidayat, M. T., Faiziyah, N., Setiyoso, H., Cahyuningsih, W., Anarani, D., & Novandi, R. Y. (2019). Workshop Pengayaan Materi Dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade IPA Bagi Guru MIM Tegalampel, Klaten. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(1), 7. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.2699

Indrawatiningsih, N., & Hakim, L. (2021). Peningkatan iptek guru TK melalui penggunaan aplikasi zoom untuk pembelajaran berbasis daring. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 282–289. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.10008

Kasiyan, Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 47–53.

Khoirunnisa, F., Sabekti, A. W., & Yulita, I. (2020). Pengembangan Kemampuan Menulis Ilmiah Berbantukan Manajemen Referensi Mendeley Bagi Guru-Guru SMA/Sederajat Di Kabupaten Bintan. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 1–6. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.2697

Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Kti) Bagi Guru Sma Swasta Di Sidoarjo. Jurnal ABDI, 2(2), 45. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p45-50

Marwa, M., & Dinata, M. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal bagi Guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.30653/002.202051.256

Mawardi, M., Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan Pelatihan Partisipatif Pada Kegiatan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 132–137. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p132-137

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10, 97–114.

Noorjannah, Lilies. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1. Jurnal Humanity, 10, 97–114.

Purnamasari, I., Hayati, M. N., & Yuniarti, D. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Mendorong Peningkatan Kualitas Siswa Tingkat SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 248–252.

Putra, Y. Y., & Saputra, A. (2019). Workshop Publikasi Artikel Ilmiah dalam Jurnal Nasional Guru SMP Pangkalpinang. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 207–215.

Rahyasih, Y., Hartini, N., Indonesia, U. P., Barat, J., Barat, J., Kelas, P. T., Berkelanjutan, P. K., & Ilmiah, P. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan : Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Sustainability Professional Development : A Scientific Paper Training Need Analysis for Teachers. 20(April), 136–144.

Rismadewi, N. W. M., & Susanti, L. M. A. (2019). Peningkatan Profesionalisme Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Di Kecamatan Petang. Urnal Edutech Undiksha, 7(1), 75–80.

Rohmah, W. (2016). Upaya Meningkatkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Seminar Nasional Pendidikan (SNP), 10–21.

Rosyidah, U., Zahrida, & Hati, G. M. (2020). Translating Narrative Text From Bahasa Indonesia into English: Student Teachers’ Ability and Their Problems. Journal of English Education and Teaching (JEET), 4(4), 587–610.

Satiti, W. S., & Ami, M. S. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNWAHA. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 105–110. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i2.2581

Suhardi, M., & Gunawan, I. M. S. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru Di Indonesia. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67–73. https://doi.org/10.51878/community.v1i1.556

Suwendi, Basir, A., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

Suwendi, Basir, Wahyudi, & Afandi. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Kementrian Agama RI.

Winarto, W. W. A. (2021). Program Peningkatan Minat Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.114

Downloads

Published

2023-03-09

How to Cite

Nuraini, L., Sudarti, & Prastowo, S. H. B. (2023). Evaluasi keterampilan guru SMA/MA dalam menulis artikel ilmiah melalui pelatihan strategi efektif publikasi artikel pada jurnal ilmiah nasional. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 112–124. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19437