Sosial media dan digital marketplace sebagai strategi pemasaran BUM Desa

Authors

  • Rendra Gumilar Universitas Siliwangi
  • Raden Roro Suci Nurdianti Universitas Siliwangi
  • Sri Hardianti Sartika Universitas Siliwangi
  • Astri Srigustini Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i3.19709

Keywords:

strategi pemasaran, pemasaran digital, BumDes

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu aspek dalam rangka mencapai keberhasilan usaha khusunya UMKM. BUM Desa merupakan salah satu UMKM milik desa yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli desa serta kesejahteraan masyarakat desa. Kegiatan pengabdian bagi masyarakat ini memfokuskan pada pemanfaatan media sosial dan market place sebagai sarana pemasaran yang dilakukan BUM Desa. Dua BUM Desa di Kabupaten Tasikmalaya yaitu BUM Desa Cakrabuana dan BUM Desa Nanjung yang mana sudah memiliki beberapa unit usaha, diantaranya pertanian, pariwisata, kuliner, dan peternakan. Namun BUM Desa ini belum memiliki kinerja yang optimal karena terbatasnya aspek pemasaran yang digunakan. Tujuan kegiatan ini untuk menambah wawasan serta pemahaman pengelola BUM Desa tentang pemanfaatan sosial media dan digital marketplace dalam pemasaran melalui pengenalan konsep literasi digital dan E-Bisnis dalam pemasaran,  yaitu Tiktok dan Instagram, serta monetisasi media social dan market place tersebut. Kegiatan ini dilakukan dengan cara diskusi dan simulasi penggunaan media sosial dan marketplace, serta simulasi pembuatan konten untuk pemasaran. Pada akhir pelatihan peserta diminta untuk mengisi kuesioner, hasil menunjukan bahwa pengetahuan peserta mengenai media sosial dan market place sebagai saran pemasaran dari 47% menjadi 93%, serta dari 37% menjadi 89% peserta akan melakukan kegiatan pemasaran secara digital. Sehingga unit usaha yang sudah dibentuk diharapkan dapat lebih optimal dengan pemasaran melalui media digital dan mampu meningkatkan keuntungan dan perekonomian desa.

References

Adel, H. M., Mahrous, A. A., & Hammad, R. (2020). Entrepreneurial marketing strategy, institutional environment, and business performance of SMEs in Egypt. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 12(5), 727–746. https://doi.org/10.1108/JEEE-11-2019-0171

Awali, H., & Rohmah, F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Bala, M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing Paper Type: - Review and Viewpoint. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321–339.

Bruhn, M., Schoenmueller, V., & Schäfer, D. B. (2012). Are social media replacing traditional media in terms of brand equity creation? Management Research Review2, 35(9), 770–790. https://doi.org/10.1108/01409171211255948

Erlangga, H., Sunarsi, D., Pratama, A., Nurjaya, Sintesa, N., Hindarsah, I., Juhaeri, & Kasmad. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672–3678. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i3.1648

Francis, J. N. P., & Robertson, J. T. F. (2021). White spaces: how marketing actors (re)produce marketplace inequities for Black consumers. Journal of Marketing Management, 37(1–2), 84–116. https://doi.org/10.1080/0267257X.2020.1863447

Geng, R., Wang, S., Chen, X., Song, D., & Yu, J. (2020). Content marketing in e-commerce platforms in the internet celebrity economy. Industrial Management & Data Systems, 120(3), 464–485. https://doi.org/10.1108/IMDS-05-2019-0270

Gesmundo, M. A. G., Jordan, M. D. S., Meridor, W. H. D., Muyot, D. V. C., Castano, M. C. N., & Bandojo, A. J. P. (2022). TikTok as a Platform for Marketing Campaigns: The effect of Brand Awareness and Brand Recall on the Purchase Intentions of Millennials. Journal of Business and Management Studies, 4(2), 343–361. https://doi.org/10.32996/jbms.2022.4.2.27

Ha, V. D. (2020). Enhancing the e-commerce application in SMEs. Management Science Letters, 10(12), 2821–2828. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.4.027

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A Framework For Marketing Management (6th ed.). Pearson Education.

MacDonald, C. (2012). Understanding Participatory Action Research: a Qualitative Research Methodology Option. The Canadian Journal of Action Research, 13(2), 34–50. https://doi.org/10.33524/cjar.v13i2.37

Sartika, SH., & Santosa, AD. (2023). Manajemen Pemasaran (1st ed.). Mitra Cendikia Media.

Sasongko, D., Yuliawati, P. M., Nurhidayah, R., Utomo, R. G., Setyawan, A., & Suciati, K. (2021). Pengembangan Pemasaran UMKM Asih di Kabupaten Magelang dengan Memanfaatkan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 68–73. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.3943

Taiminen, H. M., & Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 633–651. https://doi.org/10.1108/JSBED-05-2013-0073

Downloads

Published

2023-10-02

How to Cite

Gumilar, R., Nurdianti, R. R. S., Sartika, S. H., & Srigustini, A. (2023). Sosial media dan digital marketplace sebagai strategi pemasaran BUM Desa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(3), 598–609. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i3.19709