Meningkatkan Sistem E-Government di Indonesia: Perbandingan dengan Sistem NemID Denmark

Penulis

  • Ulfah Fauziah Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Airlangga
  • Ibrahim Aziz Harahap Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.33474/yur.v7i2.20532

Kata Kunci:

E-government, Pelayanan Publik, Pemerintahan

Abstrak

Pemerintah Indonesia memberikan layanan publik melalui sistem e-government yang dilakukan melalui jaringan situs web, aplikasi, atau media sosial. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak lagi harus mendatangi kantor-kantor pemerintah untuk mengurus berbagai keperluan administratif. Upaya Indonesia dalam mewujudkan e-government terus diperbaharui dan dikembangkan. Tujuan dari penulisan ini ialah untuk menganalisis kekurangan dan kelebihan dalam proses pengembangan e-government di Indonesia dan faktor yang menyebabkan ketertinggalan dalam pengembangan pembangunan e-government di Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian hukum metode fungsional dengan menggunakan studi komparasi yang dilakukan dengan tujuan rekontruksi, yakni melakukan kajian dan perbandingan terhadap sistem e-government dari Negara Denmark sebagai negara pembanding dengan Negara Indonesia. Pemerintah Indonesia dapat melihat keberhasilan Denmark dalam mencapai e-government yang didukung dengan kolaborasi antara pemerintah dengan swasta, dengan adanya kerjasama itu pemerintah dapat memaksimalkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Referensi

Afriana, Wendra, Harmawan Susetiyana, Oktarina Maharani, dan Harry Azhar Azis. “E-Government Effectiveness in Combating Corruption and Improving Public Service.” Cosmogov: Jurnal Ilmu Pemerintahan 6, no. 01 (2020): 28–42.

Agustina, Lidya, De de Mahmudah, Ahmad Budi Setiawan, Rieka Mustika, Amri Dunan, dan Atjih Ratnawati. Perkembangan Ekonomi Digital Di Indonesia (Strattegi dan Sektor Potensial). Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2019.

Arih Setyaningrum, Evi Satispi, dan Risya Amalia. “Analisis E-Government Terhadap Pelayanan Publik Pada Direktorat Jenderal Kependudukan & Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.” Jurnal Media Administrasi 8, no. 1 (2023): 48–60. https://doi.org/10.56444/jma.v8i1.504.

Arwanto, Arwanto, dan Wike Anggraini. “Good Governance, International Organization and Policy Transfer: A Case of Indonesian Bureaucratic Reform Policy.” JKAP (Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik) 26, no. 1 (2022): 33. https://doi.org/10.22146/jkap.68703.

Auliyaa, Putri, Rahmat Hidayat, dan Rudyk Nababan. “Implementasi pelayanan publik berbasis e-government melalui ogan lopian.” Kinerja 18, no. 4 (2022): 502–12. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.9804.

Ermalena, Rahmawati, dan I Ketut Suardita. “Penerapan Asas Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009.” Bagian Hukum Pemerintahan Fakultas Hukum Universitas Udayana, 2009, 1–5.

Falch, Morten, dan Anders Henten. “Digital Denmark: From information society to network society.” Telecommunications Policy 24, no. 5 (2000): 377–94. https://doi.org/10.1016/S0308-5961(00)00028-8.

Government, the Agency for Digital. “NemID.” Lifein denmark.id, 31 Oktober 2023. https://lifeindenmark.borger.dk/apps-and-digital-services/nemid.

Gozali, Djoni Sumardi. Pengantar Perbandingan Sistem Hukum. Disunting oleh Irfani dan Erham Amin. Bandung: Penerbit Nusa Media, 2020.

Hariyati, Ana Maria Sri, Indah Nurayuni, Ismi Syarifatus Sa’diyah, Augustin Rina Herawati, dan Kismartini Kismartini. “Implementasi E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Penyelenggaraan Pelayanan KTP Elektronik Di Kecamatan Pulomerak).” Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP) 4, no. 3 (14 Desember 2022): 203–8. https://doi.org/10.24036/jmiap.v4i3.360.

Humas MENPANRB. “Indonesia Naik 11 Peringkat hasil Survei E-government PBB.” menpan.go.id, 2022. https://menpan.go.id/site/berita-terkini/indonesia-naik-11-peringkat-hasil-survei-e-government-pbb.

Ishak, Nurfaika. “Efektivitas Pengawasan Pelayanan Publik Oleh Ombudsman Republik Indonesia.” Mulawarman Law Review 7, no. 1 (30 Juni 2022): 71–88. https://doi.org/10.30872/mulrev.v7i1.834.

Jaja, Tonye Clinton, dan Zaka Firma Aditya. “Promoting the Good Governance By Advancing the Role of Parliamentarians and the Term Offices Limitation (Comparing Nigeria and Indonesia).” Journal of Indonesian Legal Studies 7, no. 1 (2022): 265–98. https://doi.org/10.15294/jils.v7i1.54776.

Lukito, Ratno. Perbandingan Hukum: Perdebatan Teori dan Metode. Disunting oleh 2. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2019.

Mahsyar, Abdul. “Masalah Pelayanan Publik di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik.” Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan 1, no. 2 (14 Oktober 2011): 81–90. https://doi.org/10.26618/ojip.v1i2.22.

Mariam, Mariam, dan Imanudin Kudus. “Analisis Penerapan Electronic Government (E-Gov) Di Desa Sekarwangi Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung.” Neo Politea 3, no. 2 (12 Agustus 2022): 39–50. https://doi.org/10.53675/neopolitea.v3i2.1081.

Martitah, Martitah, Saru Arifin, Slamet Sumarto, dan Widiyanto Widiyanto. “Confronting E-Government Adoption in Indonesian Local Government.” Journal of Indonesian Legal Studies 6, no. 2 (30 November 2021): 279–306. https://doi.org/10.15294/jils.v6i2.47795.

Michaels, Ralf. The Functional Method of Comparative Law. Carolina Utara: Duke Law School, 2006.

Ministry of Foreign Affairs of Denmark. “The Key to Denmark’s Digital Success,” t.t. https://denmark.dk/innovation-and-design/denmarks-digital-success.

Mudhofar, Muhammad. “Analisis Implementasi Good Governance Pada Pengelolaan Keuangan Desa.” Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan 10, no. 1 (28 April 2022): 21–30. https://doi.org/10.17509/jrak.v10i1.36763.

Muhammad, Burhan. “No TitleProyeksi Pelayanan Publik ERA 4.0.” https://ombudsman.go.id, 2018.

Muliawaty, Lia, dan Shofwan Hendryawan. “Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelyanan Publik Kabupaten Sumedang.” Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi 11, no. 2 (1 Juli 2020): 45–57. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v11i2.2898.

Ngwenyama, Ojelanki, Helle Zinner Henriksen, dan Daniel Hardt. “Public Management Challenges In The Digital Risk Society: A Critical Analysis Of The Public Debate On Implementation Of The Danish Nemid.” European Journal of Information Systems 32, no. 2 (4 Maret 2023): 108–26. https://doi.org/10.1080/0960085X.2021.1907234.

Nugraha, Joko Tri. “E-Government Dan Pelayanan Publik E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman).” Jurnal Komunikasi dan Kajian Media 2 (2018): 32–42.

Pendong, Gebrill Kimberly, Yuansi Ester Tumilaar, dan I Gusti Agung Musa Budidarma. “The Effect of Good Corporate Governance on Banking Profitability.” East Asian Journal of Multidisciplinary Research 1, no. 5 (2022): 753–70. https://doi.org/10.55927/eajmr.v1i5.488.

Prihatin, Panca Setyo, Pahmi Amri, dan Agung Wicaksono. “Public service transformation trough digital-based services during Covid-19 pandemic in Riau Province, Indonesia.” Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan 13, no. 1 (30 April 2023): 111–24. https://doi.org/10.26618/ojip.v13i1.9861.

Puteri, Hesi Eka. “Good Corporate Governance, Leverage and Corporate Financial Performance in the Jakarta Islamic Index.” International Journal of Indonesian Business Review 2, no. 2 (2023): 104–16.

Rahmadany, Andi Fitri. “Implementasi Pelayanan Publik Berbasis E-government dalam menghadapi Pandemi Covid-19 di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah 13, no. 1 (2021): 118–25.

Ratnasari, Mega Oktavia Budi, Irwan Noor, dan Firda Hidayati. “Analisis Pengembangan E-Government Pada Layanan Administrasi Pemerintahan (Studi Pada ‘Suradi’ Di Dinas Komunikasi Dan Informasi Kota Malang).” Jurnal Ilmiah Administrasi Publik 8, no. 1 (11 April 2022): 35–44. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2022.008.01.4.

Rochmansjah, Heru. “Application of Good Governance Principles in Government: Perspective of Public Services.” International Journal of Science and Society 1, no. 4 (2019): 1–8. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v1i4.140.

Sabrina, Dian Fitri, dan Rosa Ristawati. “The Implementation of Good Governance In The Presidential Election In Indonesia.” Yuridika 36, no. 2 (2021): 281. https://doi.org/10.20473/ydk.v36i2.21096.

Santosa, Ardika. “Bagaimana Denmark Bisa Menjadi Negara Dengan E-Government Terbaik?” Jasa Pembuatan Website Dan Aplikasi Profesional (blog), 17 Juli 2019. https://sevenmediatech.co.id/2019/07/17/bagaimana-denmark-bisa-menjadi-negara-dengan-e-government-terbaik/.

Sector Public. “How Denmark became a global leader in digital government,” t.t. https://queue-it.com/blog/government-digital-transformation-denmark/.

Setianingrum, Kartika, H. I. Nyoman Sumaryadi, dan Ella Wargadinata. “Penerapan E-Government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung Provinsi Jawa Barat.” VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia 12, no. 4 (2020): 843–54. https://doi.org/10.54783/jv.v12i4.344.

Setyasih, Endang Try. “Implementation of Good Governance in Public Services in Blanakan District, Subang Regency.” Endless: International Journal of Future Studies 6, no. 1 (23 Februari 2023): 157–67. https://endless-journal.com/index.php/endless/article/view/133.

Setyowati, Desy. “Kominfo Luncurkan Kembali Portal Indonesia.go.id - Katadata.co.id.” Katadata.co.id. Diakses 23 Desember 2023. https://katadata.co.id/digital/nasional/5e9a558d0d5e6/kominfo-luncurkan-kembali-portal-indonesiagoid.

Soekanto, Soerjono. Perbandingan Hukum. Bandung: Alumni Bandung, 1979.

Solechan. “Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik dalam Pelayanan Publik.” Adminitrative Law & Governance Journal 2, no. 3 (2019): 541–57.

Suherman, Ade Maman. Pengantar Perbandingan Sistem Hukum. Jakarta: Rajawali Press, 2012.

Ulfah, Maria. Perbandingan Sistem Hukum. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin, 2022.

Ummah, Aniqotul, Siti Maryam, dan Danis Tri Saputra Wahidin. “E-Government Implementation to Support Digital Village in Indonesia: Evidence from Cianjur Village, Bogor Regency.” Jurnal Studi Sosial dan Politik 6 (2022): 245–59.

Wahyuni, Herpita, Ulung Pribadi, dan Danang Eko Prastya. “The Success of E-Government as A Public Service System in South Bengkulu Regency.” Indonesian Journal of Economics, Social, and Humanities 4, no. 3 (30 September 2022): 221–36. https://doi.org/10.31258/ijesh.4.3.221-236.

Wartiningsih, Indie Winarwatie, dan Rina Yulianti. Perbandingan Hukum. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2009.

Winarno, Ronny, dan Endang Retnowati. “Good Governance Based Public Services.” Notariil Jurnal Kenotariatan 4, no. 1 (15 Juli 2019): 8–17. https://doi.org/10.22225/jn.4.1.1155.8-17.

Wirawan, Vani. “Penerapan E-Government dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia.” Jurnal Penegakan Hukum dan Keadilan 1, no. 1 (2020): 1–16. https://doi.org/10.18196/jphk.1101.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

2024-03-28

Cara Mengutip

Fauziah, Ulfah, dan Ibrahim Aziz Harahap. 2024. “Meningkatkan Sistem E-Government Di Indonesia: Perbandingan Dengan Sistem NemID Denmark”. Yurispruden: Jurnal Fakultas Hukum Universitas Islam Malang 7 (2):168-83. https://doi.org/10.33474/yur.v7i2.20532.