Pengaruh Ketepatan Penghitungan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa di MI Miftahul Ulum Sooko Wringinanom Gresik

Authors

  • Afifah Afifah STAI Taruna Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/ja.v2i2.9084

Abstract

Education is an effort that must be done by everyone who wants success in his life, one of the things that can be done with educators, students, leaders of education units, and parents to support and determine the success of students is to make efforts to achieve the Minimum Completeness Criteria ( KKM) by maximizing the learning and assessment process. So researchers conducted research in MI Miftahul Ulum Sooko Wringinom Gresik with the title the effect of the accuracy of calculating the minimum completeness criteria (KKM) on student learning success, in this case the researchers used a quantitative approach and used the Kendall Tau correlation, where this correlation was used to look for relationships and test hypotheses between two or more variables. The research technique used in this study was observation, questionnaire, documentation. Based on the results of research conducted, the accuracy of the calculation of Minimum Completeness Criteria (KKM) is in the good category with a percentage of 84.4%, the results of student learning values are in the good category with the percentage results amounting to 83.3%, as for the effect of Accuracy in Completion Criteria At a minimum (KKM) on student learning success, there is a significant correlation in the coefficient interval of 0.60 - 0.799 which means it shows a strong relationship level.

 

Keywords: minimum completeness criteria (KKM), learning success

 

Abstrak

 

Pendidikan adalah upaya yang harus dilakukan oleh setiap orang yang menginginkan keberhasilan dalam hidupnya, salah satu hal yang bisa dilakukan bersama pendidik, peserta didik, pimpinan satuan pendidikan, dan orang tua untuk mendukung dan menentukan keberhasilan peserta didik adalah dengan melakukan upaya pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan memaksimalkan proses pembelajaran dan penilaian. Maka peneliti melakukan penelitian di MI Miftahul Ulum Sooko Wringinanom Gresik dengan judul  pengaruh ketepatan penghitungan kriteria ketuntasan minimal (KKM) terhadap keberhasilan belajar siswa, dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan korelasi Kendall Tau, dimana korelasi ini digunakan untuk mencari hubungan dan menguji hipotesis antara dua variable atau lebih. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, kuesioner, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ketepatan perhitungan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)  berada pada kategori baik dengan prosentase yang berjumlah 84,4%, hasil nilai belajar siswa berada pada kategori baik dengan hasil prosentase berjumlah 83,3%, adapun pengaruh Ketepatan Perhitungan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)  terhadap keberhasilan belajar siswa, ada korelasi yang signifikan berada pada interval koefisien 0,60 – 0,799 yang berarti menunjukkan tingkat hubungan yang kuat.

 

Kata Kunci: kriteria ketuntasan minimal (KKM), keberhasilan belajar

References

Departemen Agama Provinsi Jawa Timur. 2009. Pedoman dan Implementasi Pengembangan KTSP di Madrasah Ibtidaiyah

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Pasal 3 UU RI Nomor 20. 2013. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Citra Umbara.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Syaifuddin, Mohammad. 2017. Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Jurnal Tadris,Vol 2. No.2.

Warsita, Bambang. 1982. Teknologi Pembelajaran. Bandung : Rineka Cipta.

Wiyono, Dwi Fitri. 2017. Pemikiran Pendidikan Islam: Konseptualisasi Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Intelektual Islam Klasik. Jurnal Nidhomul Haq Vol. 2, No. 3.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Afifah, A. (2020). Pengaruh Ketepatan Penghitungan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa di MI Miftahul Ulum Sooko Wringinanom Gresik. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 63–74. https://doi.org/10.33474/ja.v2i2.9084

Issue

Section

Articles